Senin, 22 Oktober 2012

Materi Aplikom semester 1



No
Audio
Audio + Video
Gambar
Lain - lain
1
MP3
MP4
RAW
VCF
2
AMR
MPEG
JPEG

3
WAV
FLV
TIFF

4
CDA
AVI
GIF

5
AAC
3GP
PNG


        A.PENGERTIAN AUDIO

1.     MPEG Audio Layer 3 (MP3) :
      MP3 adalah  salah satu format pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil. MP3 memakai pengodean PCM (Pulse Code Modulation). Berkas yang mempunyai nama lengkap MPEG-1 Audio Layer ini mengurangi jumlah bit yang diperlihatkan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia.  Beberapa batasan dari file MP3 ini adalah :
a.     Bit rate terbatas, maksimum 320 kbit/s (beberapa encoder dapat menghasilkan bit rate yang lebih tinggi, tetapi sangat sedikit dukungan untuk mp3-mp3 tersebut yang memiliki bit rate tinggi).
b.     Resolusi waktu yang digunakan mp3 dapat menjadi terlalu rendah untuk sinyal-sinyal suara yang sangat transient, sehingga dapat menyebabkan noise.
c.      Resolusi frekuensi terbatasi oleh ukuran window yang panjang kecil, mengurangi efisiensi coding.
d.     Tidak ada scale factor band untuk frekuensi di atas 15,5 atau 15,8 kHz.
e.      Mode jointstereo dilakukan pada basis per frame.

2.     AMR adalah salah satu freeware untuk membiarkan Anda dapat memutar file audio AMR pada PC Anda, dan mendukung untuk mengkonversi format file umum multimedia (seperti MP3 atau WAV) untuk audio AMR / AWB format, atau AMR output file audio ke audio yang MP3/WAV format.


3.     WAV adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris waveform audio format merupakan standar format berkas audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan AIFF yang digunakan komputer Amiga dan Macintosh. Baik WAV maupun AIFF kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Macintosh. Walaupun WAV dapat menampung audio dalam bentuk terkompresi, umumnya format WAV merupakan audio yang tidak terkompres.


4.     CD (CDA) adalah merupakan representasi dari track CD-audio. File dengan format .cda dapat langsung dijalankan melalui CD-ROM, sementara filenya sendiri tidak mempunyai informasi kode modulasi apapun sehingga jika dikopi ke dalam harddisk, file tersebut menjadi tidak dapat di-play. Pada November 1984, dua tahun setelah CD diproduksi secara missal, Sony mengeluarkan Discman sebagai media pemutar portable. Agar dapat mengambil/mengkopi file audio dari CD-Audio, dibutuhkan software khusus atau ripping untuk mengubah dari format .cda menjadi format lain yang dapat disimpan di computer.
5.     AAC (advanced audio coding) adalah singkatan dari Advanced Audio Coding merupakan standar format berkas audio terkompresi. AAC umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format populer MP3 dalam bitrate yang sama khususnya pada bitrate di bawah 100 kbit/s. AAC merupakan format yang umum digunakan ketika melakukan kompresi CD audio pada Apple iPod dan iTunes (eksensi .m4a). Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG). Sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz atau dua kali MP3 yang hanya 44 KHz.

B .Pengertian Audio + video
          Pengertian
1.     MP4  adalah salah satu format berkas pengodean suara dan gambar/video digital yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi MPEG. Ekstensi nama berkas jenis MPEG-4 ini banyak menggunakan .mp4, dan merupakan pengembangan dari format QuickTime dari komputer Apple.

2.     MPEG  adalah merupakan jenis yang disebut “container format”. Artinya format ini menggabungkan beberapa konten yang berbeda ke dalam satu file. Biasanya konten yang digabungkan ini adalah audio dengan video, namun terkadang konten seperti gambar diam juga dimasukkan ke dalam sebuah file MP4.

3.     FLV(Flash Video) adalah sebuah wadah format file yang digunakan untuk mengirimkan video melalui Internet menggunakan Adobe Flash Player (awalnya diproduksi oleh Macromedia) versi 6-10. Konten video flash juga mungkin tertanam di dalam file SWF serta program pemutar video yang di butuhkan sebelum mendownload video dari Youtube.


4.     AVI ( Audio Video Interleaved )
Adalah diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 1992 sebagai bagian dari teknologi Video for Windows miliknya. File AVI menyimpan data audio dan video pada struktur interleaved. File ini hanya berupa kontainer- dan data audio video dapat dikompres menggunakan berbagai codec.
5.     3gp adalah Merupakan file video standar yg digunakan pada sebuah handphone.File ini merupakan hasil dari rekaman video melalui sebuah ponsel.

C. Pengertian Gambar
      Pengertian
1.     RAW( adalah Format file ini merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasidan platform. Format file ini mampu menyimpan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscaledengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel, Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel.

2.     JPG (Joint Photographic Experts Group) adalah metode standar yang digunakan dalam pengkompresian untuk photograpics images. JPEG singkatan dari Join Photographics Expert Group sebuah kelompok yang membikin standar pengkompresian tersebut. JPEG di buat untuk loosy compression images. Umumnya file file yang berformat JPEG mengunakan extensi .jpeg, .jpg, .jpe, .jfif, jif. Selain itu JPEG juga mampu memberikan warna dengan kedalaman 24 Bits atau setara dengan 16 juta warna. JPEG tidak ditujukan dalam urusan file audio.

3.     TIFF (Tagged Image Format File) adalah Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan SiliconGraphic). Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh parapengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.


4.     GIF (Graphic Interchange Format) adalah Format file ini hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color). Format file ini merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet. Format file mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik. Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kompresi LZW.Format GIF (Graphic Interchange Format) merupakan format file yang paling banyak disarankan dan digunakan. Kelebihan Format ini antara lain adalah : ukuran file yang dihasilkan relatif kecil mampu menggabungkan beberapa gambar menjadi satu kesatuan dan menampilkannya secara bergantian (animasi) warna latar belakang dapat dibuat transparan dan adanya teknologi interlacing yang akan membuat sebuah file di load secara utuh dengan kualitas yang ditampilkan secara bertahap.

5.     PNG (Portable Network Graphic) adalah Format file ini berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. Format file ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. Kelebihan dari format file ini dibandingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus. Format file ini mampu menyimpan alpha channel.Format PNG (Portable Network Graphic), Adapun beberapa kelebihan dari format tersebut adalah, punya semua kelebihan GIF, kecuali animasi fitur Interlacing 2 dimensi yang terbukti lebih baik jika dibandingkan dengan interlacing milik GIF tersedianya 2 format file yaitu PNG8 (256 warna) dan PNG24 yang membuat desainer dapat lebih leluasa memilih kualitas gambar dan teknik kompresi lossless yang digunakan akan menghasilkan ukuran file yang kecil dengan tidak mengalami penurunan kualitas gambar, bandingkan dengan JPEG yang menggunakan teknik kompresi lossy yang dipastikan akan membuat kualitas gambar menurun.





D.Perbedaan


    AUDIO
MP3 memiliki kompresi yang baik sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil,  AMR berukuran sangat kecil, File ini dihasilkan dari sebuah encoder yang menyesuaikan dengan kemampuan processing dan streaming MCU/CPU, WAV tidak terkompressi dan berukuran besar, file ini berbasis track Audio, CDA menampung bit data berukuran kecil, sedangkan AAC terkompressi sangat kecil tapi mempertahankan kualitas suaranya.
Audio Video :
     Merupakan Format audio video lebih membutuhkan kapasitas memori, di karenakan format ini menyimpan dua format suara dan gambar. MP4 File Video dngan standard resolusi PAL dan NTSC Video dalam ukuran yang lebih kecil dari file basis MPEG, MPEG mempunyai bit rates mulai dari yang rendah yaitu 32kbits/detik hingga 320kbits/detik, FLV merupakan format pilihan standard untuk file video di web, AVI Video dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki track. berbasis DOLBY digital, 3GP adalah file hasil dari komplikasi file kompressi Audio dan video dalam resolusi yang compatible untuk perangkat mobile/ponsel dengan ukuran yang portable dan beragam.

Gambar : Merupakan Format ini hanya memungkinkan gambar diam saja. Dan beragam ukuran yang beragam. RAW format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasi dan platform, JPEG Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan, TIFF  Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit, GIF ukuran file yang dihasilkan relatif kecil, PNG kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus.





KESIMPULAN

Audio
Setiap format audio mempunyai standar ukuran dan kualitas yang berbeda dengan tiap – tiap format
     AUDIO VIDEO
MPEG adalah sistem kompresi video yang dipakai pada vcd. mp2 adl sistem kompresi pada DVD video. mp3 adl sistem kompresi audio yang memungkinkan suara seperti asli dengan ukuran kecil. flv merupakan sistem kompresi video streaming lewat internet. mpeg1 dengan mp1/mpeg. mpeg2 sama dengan mp2. vob merupakan bentuk file pada DVD video. swf  adalah bentuk  file pada flash player. gif  bentuk file gambar ukuran kecil dapat bergerak.


GAMBAR
Pada tiap-tiap format masing-masing berbeda dalam hal kompresi loseless, jumlah warna,  jenis file, ukuran file, serta dalam  penggunaannya.


VCF
kurang untuk diperhatikan sama orang-orang,karena  jaraknya begitu dekat dengan kita untuk mengirim kontak, kalender.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar